Cara Praktis Usir Ulat Bulu

Untuk mengusir ulat bulu di sekitar rumah, Anda bisa meminta bantuan untuk memotong bagian pohon yang menjadi sarang ulat bulu. Jika belum berhasil, www.ArdaDinata.com sudah merangkum beberapa cara sederhana dalam mengusir ulat bulu dari sekitar rumah. 

Belakang ulat bulu dalam jumlah besar muncul di sejumlah daerah. Warga pun resah karenanya. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya digunakan cara-cara alami dan manual. Pestisida menjadi langkah terakhir mengatasi ulat bulu.

"Cara-cara manual lebih baik. Penyemprotan pestisida sebaiknya jadi langkah terakhir. Karena sayang kalau kebanyakan disemprot pestisida, nanti ada predator dan parasit yang ikut mati," kata guru besar Ilmu Hama Tanaman IPB, Prof Aunu Rauf, dalam perbincangan dengan detik.

Berikut ini beberapa saran dari beliau, yaitu:
1. Jika ulat tidak terlalu banyak, maka sebaiknya ulatnya dikumpulkan lalu dikubur di dalam tanah. Selain itu apabila ulat sudah berubah menjadi kupu-kupu malam atau ngengat, maka bisa digunakan pemasangan lampu ultraviolet atau lampu biasa untuk memancing binatang itu. Umumnya, ngengat tertarik dengan cahaya lampu. Karena itu, di bawah lampu dipasang ember atau baskom berisi air sabun atau minyak. Sehingga jika ngengat itu jatuh ke ember atau baskom langsung mati. Penggunaan lampu ini merupakan pencegahan si ngengat menelurkan ratusan telur yang akan berubah menjadi larva (ulat).

2. Kepompong dikumpulkan lalu dimasukkan ke botol bekas air mineral. Kalau sehat maka dia akan berubah menjadi ngengat, tapi kalau terparasit keluar seperti lebah. Kalau ngengat ya dimusnahkan, tapi kalau semacam lebah dilepaskan. Serangga semacam lebah itu ditengarai mengandung parasit sehingga berpotensi merusak telur maupun mengganggu pertumbuhan larva dari ngengat. Ulat bulu sebenarnya memiliki musuh alam yang dikenalsebagai predator. Predator ulat bulu bukan hanya burung pemakan ulat, tetapi juga ada serangga-serangga lain. Misalnya saja laba-laba pemakan ngengat, atau serangga kepik yang mengisap ulat.



Cara Praktis Lainnya

Untuk mengusir ulat bulu di sekitar rumah, Anda bisa meminta bantuan untuk memotong bagian pohon yang menjadi sarang ulat bulu. Jika belum berhasil juga, www.ArdaDinata.com sudah merangkum beberapa cara sederhana dalam mengusir ulat bulu dari sekitar rumah.

1. Mengoleskan oli ke setiap sudut rumah. 

Kemunculan ulat bulu di rumah tentu sangat mengganggu ketenangan dan kenyamanan Anda sekeluarga saat sedang beraktivitas. Pasti juga ada rasa khawatir yang saat si Kecil mulai berada di dekat sarang ulat bulu.

Untuk itu, ada baiknya untuk menggunakan oli dalam mengusir populasi ulat bulu di rumah. Oli memang dikenal sebagai pelumas mesin, namun juga bisa dimanfaatkan dalam mengusir ulat bulu yang mengganggu kenyamanan Anda sekeluarga. Oli bisa diolesi secukupnya di setiap sudut rumah karena cara ini dapat membantu dalam mengurangi penyebaran ulat bulu di sekitar rumah.

Ulat bulu tidak menyukai aroma dari oli yang menyengat apalagi teksturnya yang lengket. Selain dapat membantu mengusir ulat bulu, oli juga dapat mencegahnya datang kembali.

2. Memelihara hewan unggas. 

Hewan yang satu ini memang memiliki ukuran yang kecil, namun bisa berdampak buruk untuk kesehatan kulit seperti rasa gatal, bentol hingga memicu terjadinya ruam.  Bila Anda memang memelihara hewan unggas ini bisa menjadi sebuah pertanda baik. Hewan unggas seperti ayam, burung hingga bebek dapat membantu dalam memakan sejumlah ulat bulu yang ada di sekitar rumah.

Cara yang satu ini tentu membutuhkan waktu cukup panjang untuk membasmi gangguan ulat bulu, terlebih jika jumlah ulat bulu lebih banyak dan di luar perkiraan. Namun, setidaknya hewan unggas bisa meminimalisir jumlah ulat bulu yang bisa membahayakan Anda sekeluarga.

Tidak ada salahnya juga membiarkan hewan unggas seperti ayam dan bebek untuk berkeliaran di luar kandang. Hal ini dapat membantu hewan unggas langsung memangsa ulat bulu di beberapa tempat tersembunyi seperti tanaman, daun di sekitaran pohon atau halaman belakang rumah.

Jika memelihara burung, Anda bisa meletakkan sangkarnya di dekat sarang ulat bulu. Aktivitas burung peliharaan yang memangsa ulat bulu di sekitar rumah tak jarang mendatangkan burung-burung lain untuk membantunya.

3. Mengusir ulat bulu dengan dibakar.

Kehadiran ulat bulu yang sudah sangat mengganggu sepertinya sudah tidak bisa diberikan tolerasi lagi ya. Jika sudah semakin banyak, cara lain yang harus dilakukan yaitu dengan membakar populasi ulat bulu di sekitar rumah.

Kumpulkan semua ulat bulu yang ditemui ke dalam sebuah wadah seperti botol atau ember bekas. Tutup rapat terlebih dahulu untuk mencari ulat bulu lain sebelum nantinya dibakar.

Jika sudah banyak terkumpul, Anda bisa keluarkan semua ulat bulu di atas timbunan daun kering. Bakar semua ulat bulu dengan diberikan sedikit bensin atau minyak tanah.

Setiap sore hari, ada baiknya rutin melakukan hal ini. Tujuan dari pembakaran ulat bulu ini setidaknya membuat populasinya semakin berkurang.

Selain itu, bisa juga membakar sarang dari munculnya ulat bulu agar tidak lagi mengganggu.

4. Menanam tanaman pengusir ulat bulu.

Seperti halnya nyamuk atau serangga jenis lainnya, ulat bulu juga bisa diusir menggunakan tanaman tertentu. Anda perlu mencari tahu jenis tanaman yang memiliki aroma serta daun yang tidak disukai ulat untuk, sehingga dapat membantu dalam mengusirnya. Aroma daun yang cukup menyengat, seperti lavender, mint hingga kemangi bisa dijadikan alternatif dalam mengusir ulat bulu.

Tanam beberapa jenis tanaman ini di tempat munculnya ulat bulu. Anda juga bisa mengganti jenis tanaman yang ada di sekitar rumah agar tidak ada lagi tempat untuk ulat bulu bersarang dan mendapatkan asupan makanan.

Cara yang satu ini dipercaya dapat mengurangi populasi ulat bulu secara alami. Yuk, mulai perbanyak beberapa jenis tanaman di rumah agar semakin terhindar dari serangan ulat bulu!

5. Berusaha membuat pestisida alami.

Anda pasti sudah tahu kalau pestisida secara alami bisa dibuat sendiri di rumah. Pestisida alami, tidak perlu menggunakan bahan kimia. Anda hanya perlu menggunakan bahan-bahan yang ada di dalam rumah.

Mulailah dengan mencampurkan garam ke sabun yang tersedia di rumah. Sabun yang dipakai bisa beragam, Anda boleh menggunakan sabun cair mandi, sabun cuci piring atau sabun colek. Lalu campurkan sedikit minyak tanah.

Bahan-bahan ini ke dalam botol semprot, kemudian kocok semua bahan tercampur hingga merata. Anda pun sudah bisa menggunakan cairan pestisida ini ke tanaman atau pohon yang sudah dihinggapi ulat bulu.

Selain itu, pestisida alami juga bisa dibuat dari sabun. Sebelumnya Anda bisa melarutkan 30 ml sabun cair dengan 950 ml air.

Kemudian cincang bawang putih dan bawah merah dan dituangkan ke dalam larutan air.

Tambahkan potongan cabai merah, lalu diamkan sekitar 1 jam. Campurkan seluruh bahan hingga larutan sabun tadi dan kocok hingga benar-benar merata.

Busa sabun akan menghilang setelah dikocok. Saring larutan yang sudah jadi ke dalam botol semprot. Larutan ini dapat digunakan untuk membunuh serangga dan ulat bulu di rumah.

Dalam memastikan ulat bulu benar-benar hilang, Anda bisa menyimpan larutan yang sudah jadi disimpan selama 2 minggu.

Jadi, apakah Anda sekarang sudah siap untuk membasmi dan mengusir ulat bulu di rumah?

Semoga informasi ini bermanfaat dan salam sehat, sukses selalu. Ditunggu konentarnya.

www.ArdaDinata.com: 
| Share, Reference & Education |
| Peneliti, penulis, dan motivator penulisan di media massa |
BACA ARTIKEL LAINNYA:
Lebih baru Lebih lama