Menjadi Guru Berprestasi

http://www.ardadinata.com/2018/02/ebook-menulis-artikel-kesehatan.html
Menjadi Guru Berprestasi

Bismillahirrahmanirrahim
Seminar Online Grup Guru Dahsyat Nusantara Angkatan 20
Senin, 20 November 2017

Narasumber : Bapak Ali Usman, SS, M. Pd
Tema. : Menjadi Guru Berprestasi

Selamat mengikuti seminar...😃

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillahirrahmaa nirrahim. Bapak ibu guru dahsyat yang mulia. Semoga selalu dalam pelukan cinta dan berkah Allah SWT. Amiin ya Rabbal 'alamin. Alhamdulillah..puji syukur kita haturkan ke hadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayah-Nya. Shalat dan salam kepada kekasih kita Rasulullah Muhammad saw.

KIAT MENJADI GURU BERPRESTASI
(GUPRES)

Kiat menjadi gupres adalah sedikit pengalaman untuk mengisi kesempatan berbagi menjadi pemenang dan teladan di dunia pendidikan. Pada umumnya hanya dengan mempelajari Petunjuk Teknis atau Pedoman Pemilihan Gupres kita sudah mendapatkan gambaran bagaimana mekanisme pemilihan gupres baik di tingkat satuan pendidikan/sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi maupun di tingkat nasional. Namun petunjuk teknis tersebut biasanya sampai ke tingkat kecamatan atau kabupaten/kota, satu bulan bahkan kurang sebelum hari “H” pelaksanaan pemilihan atau tes seleksinya. Pertanyaannya, mampukah para guru terpilih, mempersiapkan segala macam persyaratan pemilihan gupres (Portofolio, Penelitian Tindakan Kelas, Karya Inovatif, Presentasi PTK) dalam waktu kurang dari satu bulan?
Berangkat dari pertanyaan tersebut kita ingin berbagi pengalaman, apa yang harus dipersiapkan dan bagaimana kiat-kiatnya agar terpilih menjadi gupres. Berikut bahan atau hal yang harus dipersiapkan lebih awal.

1. Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Pada langkah pertama ini, seorang calon gupres harus mengambil langkah bijak, yakni menulis PTK jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan pemilihan gupres, atau minimal tiga bulan sebelumnya. Ada pun manfaat langkah ini diambil PTK yang Bapak/Ibu guru tulis dapat sempurna dan tidak menjadi beban pemikiran kita, jika tidak rampung penyusunan hasil PTK, maka akan sering direvisi. Jadi, penuntasan penulisan PTK lebih awal akan semakin baik tentunya. Jangan lupa Bapak/Ibu, PTK yang sudah selesai ditulis disahkan oleh Kepala Sekolah dan diketahui oleh Kepala UPTD untuk jenjang TK dan SD atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Provinsi untuk jenjang SMP dan SMA/SMK. Bagaimana cara penulisan dan penyusunan PTK yang sesuai prosedur, silakan pelajari buku pedoman penulisan PTK dan pahami pembahasan Bab II pada buku ini ya.

Kiat:

Ada pun kiat untuk agar nilai karya PTK dapat maksimal, Bapak/Ibu guru sebaiknya mempelajari terlebih dahulu cara, metode dan prosedur penulisan PTK. Bapak/Ibu guru bisa juga membeli buku tentang cara penulisan PTK di toko, atau meminjam kepada teman gupres yang pernah maju, tapi bukan untuk meniru/menjiplak, tetapi hanya sekedar melihat kerangka, cara penulisan dan pemilihan materi saja, lalu Bapak/Ibu guru membuat PTK dengan cara dan prosedur yang hampir sama tetapi dengan materi/metode yang berbeda. Lebih bagus lagi jika merupakan penemuan baru, jadi bukan materi yang berkisar itu-itu saja.

2. Presentasi PTK/Karya Inovatif (Tes Unjuk Kerja)

Nah, setelah PTK selesai, Bapak/Ibu guru calon peserta gupres segera membuat bahan presentasi. Bahan presentasi tidak perlu terlalu panjang dan mendetail, tetapi secara garis besar saja. Hal ini karena waktu presentasi biasanya dibatasi hanya sekitar 10 sampai 15 menit saja. Bahan presentasi ditampilkan yang pokok-pokok saja tetapi sudah bisa menggambarkan isi dari keseluruhan PTK/Karya inovatif yang Bapak/Ibu guru buat.

Kiat:

✓ Langkah awal yang bijak adalah segera mempelajari bagaimana menggunakan Microsoft Power point 2010. Semakin lama memakai dan berlatih maka akan semakin mahir dan luwes (agar tidak kaku/canggung). Akan menjadi bahan “guyon” nantinya jika peserta tidak menguasai penggunaan laptop dan power point.

✓ Saat pemilihan seluruh peserta gupres mempersiapkan seluruh materi presentasi beserta alat-alatnya secara mandiri tanpa bantuan orang lain. Hal ini karena ada penilaian tentang “penggunaan media”. Jadi ketika akan presentasi peserta wajib merangkai, membuat koneksi laptop dan LCD proyektor secara mandiri. Jika peserta gagal membuat koneksi dan LCD proyektor sehingga tidak bisa menampilkan gambar/display, maka peserta mempresentasikan PTK/Karya Inovasinya tanpa menggunakan LCD proyektor tetapi dilakukan secara manual/ceramah biasa. Hal ini tentu saja mengurangi penilaian. Selain justru mempersulit peserta dalam mempresentasikan. Sudah capek-capek membuat persiapan matang di rumah akhirnya gagal ditampilkan secara maksimal gara-gara koneksi laptop dan LCD proyektor terhambat. Sayang kan? Maka di rumah berlatihlah merangkai koneksi antara laptop dan LCD proyektor terutama hubungan kabel-kabelnya, jangan sampai salah jalur.

✓ Susunan presentasi yang runtut. Secara garis besar urutanya adalah :
> Pendahuluan/latar belakang masalah dan pemilihan judul.
> Landasan teori/pengajuan hipotesis.
> Metodologi penelitian.
> Hasil penelitian dan pembahasan.
> Penutup/kesimpulan.

✓ Buatlah materi presentasi yang sudah jadi dalam bentuk compact disk (CD). Namun jika tidak memungkinkan bisa disimpan di laptop Bapak/Ibu gupres. Namun Jangan lupa membuat salinan/fotokopinya ke flashdisc. Hal ini untuk menjaga kemungkinan rusak bahan presentasi karena salah pengoperasian atau karena virus komputer.

> Berhubung PTK yang dibuat benar-benar asli hasil pemikiran Bapak/Ibu gupres, maka usahakan saat presentasi sebisa mungkin menjawab pertanyaan dewan juri secara cepat, tepat dan proporsional sesuai dengan isi PTK.
Jawaban yang ragu-ragu akan menimbulkan berbagai pertanyaan susulan dan ketidakpercayaan dewan juri.

✓ Berhubung waktunya terbatas, maka usahakan menggunakan bahasa yang efektif, singkat namun padat.  Usahakan hindari pengulangan dan kata-kata yang tidak perlu.

3. Portofolio

Pembuatan portofolio pemilihan gupres seperti pembuatan portofolio sertifikasi. Boleh tidak sama, tetapi secara garis besar memang hampir sama. Prosedur dan cara pembuatan portofolio biasanya terlampir dalam juknis pemilihan guru berprestasi. Jika tidak ada Bapak/Ibu gupres bisa pinjam berkas/arsip portofolio teman guru yang sudah sertifikasi. Tinggal isinya disesuaikan dengan kondisi/data Bapak/Ibu Guru sendiri. Pembuatan portofolio usahakan dibuat sendiri agar datanya lebih akurat.

Kiat:

✓ Agar nilai portofolio bisa maksimal, usahakan semua SK, ijazah, sertifikat, piagam dan tanda penghargaan semuanya sejak menjadi guru dapat tercantum di dalam portofolio.

✓ Agar tidak didiskualifikasi, jangan pernah mencoba menggunakan piagam atau sertifikat palsu. Biarlah sertifikat apa adanya seperti sekarang ini saja. Itu sudah lebih dari cukup.

4. Tes Tertulis

Tes tertulis dilaksanakan untuk penilaian unsur kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional. Dilaksanakan secara terpisah/sendiri-sendiri. Bentuk soal terdiri atas, pilihan ganda (A, B, C, D dan E), jawaban singkat, dan uraian/essai.

Kiat:

✓ Agar nilai kompetensi pedagogik bisa maksimal, maka Bapak/Ibu gupres wajib menguasai semua unsur-unsur kompetensi pedagogik

✓ Tes kompetensi pedagogik dapat pula berupa soal uraian/essai. Soalnya paling cuma 10 butir, namun jawabannya bisa sampai 2 halaman folio bolak-balik. Agar memudahkan juri dalam menilai, usahakan tulisan rapi dan jelas terbaca.

✓ Tes kompetensi kepribadian berupa soal pilihan ganda (pilihan A, B, C, D dan E) sejumlah 150 butir soal dikerjakan dalam waktu 60 menit. Jika waktu habis, petugas akan mengambil lembar jawaban peserta walaupun soal belum dikerjakan semua, tanpa pandang bulu. Untuk itu usahakan menjawab dengan cepat dan akurat. Hindari mengulangi membaca soal karena akan buang-buang waktu saja. Hindari bertanya kepada peserta lain. Selain gengsi juga karena waktu akan terbuang percuma, rugi kan?

✓ Tes Profesional dapat berupa tes number, atau tes numeric tergantung panitia. Bisa juga tes skolastic, psikotes, menggambar dan sebagainya. Maaf penulis tidak dapat menyebutkan lebih rinci lagi karena terikat kode etik (rahasia).

5. Karya Tulis/Publikasi Ilmiah

Karya tulis di sini adalah hasil karya tulis dalam bentuk artikel pendidikan yang dimuat di media cetak/majalah baik berskala regional maupun nasional. Misalnya membuat artikel pendidikan di majalah atau jurnal pendidikan dan sebagainya.

Kiat:

✓ Agar nilainya bisa maksimal usahakan Bapak/Ibu gupres membuat artikel pendidikan di berbagai media cetak dan tidak hanya sekali. Usahakan pula menulis di media cetak yang sudah mempunyai ISSN. Jika kesulitan maka Bapak/Ibu gupres bisa berlatih menulis dengan membuat blog lewat internet atau di akun facebook.

✓ Jangan lupa majalah yang memuat hasil karya tulis Bapak/Ibu gupres difotokopi dan disahkan oleh Kepala Sekolah. Cukup artikelnya saja.

6. Tes Wawancara

Tes wawancara meliputi kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional. Soal setiap juri berbeda-beda bergantung kebutuhan, pada umumnya hanya 2 sampai 3 soal. Juri mempunyai kewenangan seluas-luasnya untuk mengembangkan pertanyaan dan tidak dapat diganggu gugat.

Kiat:

✓ Agar nilai wawancara dapat maksimal usahakan dapat menjawab semua pertanyaan juri dengan kalimat efektif secara tepat akurat dan logis. Jawaban yang terlalu panjang dan bertele-tele pada umumnya kurang disukai dan kadang malah menyulitkan diri sendiri.

✓ Usahakan jawaban dalam wawancara apa adanya dan pencerminan hati dari pemikiran murni Bapak/Ibu gupres. Seandainya melatih siswa dan meraih juara, maka dewan juri tidak segan-segan menyuruh mendemonstrasikan kemampuan Bapak/Ibu gupres dalam melatih siswa tersebut. Jika dirasa kurang pas, maka bisa diartikan Bapak/Ibu guru melakukan rekayasa dan manipulasi. Sebaiknya hindari itu. Gupres tidak diukur dari intelektualnya saja, namun sikap dan kepribadian yang santun, jujur dan berbudi pekerti luhurlah yang menjadi acuannya.

7. Persiapan Alat

Pada saat hari “H” pemilihan gupres kelengkapan alat sangat membantu kinerja peserta gupres. Perlengkapan yang kurang akan mempengaruhi cara kerja, waktu dan tenaga. Sehingga pemanfaatan waktu menjadi kurang efektif dan efisien. Perlengkapan apa sajakah yang harus dipersiapkan? Laptop dan flashdisc (penyimpan data). Dalam pemilihan gupres pengadaan laptop mutlak diperlukan. Panitia biasanya hanya menyediakan LCD proyektor, peserta membawa laptop sendiri-sendiri. Flashdisc merupakan media penyimpanan data sebagai cadangan dan transfer data minimal 1 GB.

Kiat:

✓ Jika memungkinkan Bapak/Ibu gupres bisa meminjam laptop kepada teman/kenalan. Tetapi jika kesulitan maka membeli sendiri merupakan suatu tindakan profesional. Laptop bekas pun bolehlah yang penting masih normal. Jika kesulitan memilih laptop karena belum berpengalaman, maka ajaklah orang/teman yang sudah berpengalaman.

✓ Jangan lupa membawa alat tulis menulis seperti ballpoint, pensil, penggaris, busur, penghapus/tipe ex, dan sebagainya. Usahakan jangan sampai meminjam peserta lain pada saat tes karena akan mengganggu kinerja dan konsentrasi diri sendiri dan peserta lain.

"Pemilihan gupres menciptakan figur guru profesional dan bermartabat"

##

Pada sesi terakahir ini, kita lanjutkan dengan membahas "Tips dan Trik Menjadi Guru Berprestasi" mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kota, provinsi, dan nasional. Ayo Bapak/Ibu, yel-yel dulu yuk...!

Apakah bisa menjadi terbaik?
Terus menerus tak pernah salah?
Apakah bisa jadi terbaik?
Terus menerus...
Pastilah bisa menjadi terbaik
Terus menerus tak pernah salah
Pastilah bisa menjadi terbaik
Terus menerus.....

Berkaitan dengan persiapan menjadi terbaik gupres tahun 2018 dan tahun-tahun berikutnya adalah:

1. Luruskan niat hanya mengharap kemudahan, keberkahan, dan ridho Allah SWT.

2. Perhatikan tahapan-tahapan pemilihan guru berprestasi. Sudah tahu kan Bapak/Ibu tahapannya? Ya, betul tahapannya dimulai dari tingkat sekolah yang mengacu kepada juknis yang telah ditentukan oleh Kemendikbud atau Kemenag.

3. Pastikan kita sudah sangat aktif dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Salah satu contohnya adalah selalu berupaya kreatif dan inovatif dalam perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran dan memiliki elektabilitas di lingkungan sekolah serta punya nilai positif dan kompetitif di mata kepala sekolah, guru, dan siswa.

4. Tahapan berikutnya di tingkat kecamatan, kota, provinsi, dan nasional yang mengacu kepada juknis yang telah ditentukan oleh Kemendikbud.

5. Pada setiap tingkatan, kita perlu proaktif dalam berkomunikasi dan ajang seminar, pelatihan atau lomba-lomba yang diadakan oleh UTD, Diknas atau Kemenag Kota, Provinsi, dan Nasional.

6. Pastikan kita juga aktif dalam berorganisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat tempat tinggal.

7. Seluruh dokumen (sertifikat, foto, video) yang diperoleh dalam pelatihan, seminar, atau lomba-lomba diarsipkan dengan rapi dan urut sesuai tahunnya dan mempersiapkan portofolio.

8. Perhatikan tahapan-tahapan seleksi mulai dari tertulis, ilmiah (PTK/Karya Inovatif Pembelajaran/Best Practice), presentasi karya ilmiah dan penguasaan IT, publikasi karya ilmiah, tes wawancara dan penguasaan bahasa asing, portofolio, dan grup discussion.

Perlu ibu kalau bisa upayakan jawaban kita berisi, jika ada permen dan UU nya sebutkan, atau terkait aturan2 perlu dilandaskan pada sistem negara kita..atau kalau terkait keyakinan kita seperti seorang muslim, tentu sebutkan Qur'an dan hadist nya..

Di awal tadi saya udah sampaikan, tips dan trik pertama adalah niat yang ikhlas karena Allah. Niat yang ikhlas ini yang menjadi motivasi kita adalah hanya mengharap ridho Allah. Bagi waktu seefektif mungkin. Gupres adalah guru yg mampu menembus kesibukannya dengan terus berkarya dan berkongsi utk menjadi yang terbaik. Percaya diri itu pasti dan tentu harus dihadirkan, namanya perlombaan pasti ada menang dan kalah. Setiap kita yang memiliki mental pemenang, pasti bisa melakukan itu dan menikmatinya.

Doa ayah dan ibu penting dan sangat harus Bapak/Ibu gupres. Dukungan dan doa suami atau istri dan anak-anak kita sangat perlu. Dukungan teman sejawat, siswa/i kita dan kepala sekolah harus kita dapatkan, sehingga seluruh keluarga besar kita dan warga sekolah mendukung dan mendoakan kita. Tentu itu semua bisa dihadirkan dengan selalu menjaga silaturrahim dan bersosialisasi untuk ber'amal ma'ruf nahi mungkar.

Dengan seluruh kompetitor kita ibu..dg teman2 gupres dr sekolah lain atau propinsi lain jika sudah nasional..dan di sesi ini, dewan juri melihat keluasan wawasan kita dan keefektifan komunikasi kita dalam memecahkan masalah yg dilontarkan dewan juri..

Jika kita sering berinteraksi dan aktif di mgmp atau di kegiatan keguruan yg di UPTD atau di diknas langsung..insya Allah kita akan dilirik oleh diknas ibu.. Insya Allah

Menjadi guru berprestasi itu harus
Menjadi guru berkualitas itu wajib
Menjadi guru teladan itu mesti
Menjadi guru mulia muruah kita

Untuk itu, Teruslah berkarya terbaik Bapak/Ibu gupres. Allah akan selalu bersama kita selagi Allah kita libatkan selalu dalam urusan kita. Jadikan Allah selalu mencintai kita. Rasulullah saw selalu menyayangi kita. Jadikan Allah dan Rasul-Nya cinta sejati kita. Mari kejar dan bergegas menjemput ridho-Nya. Gupres adalah duta Allah dan Rasul-Nya dalam menyiapkan generasi mulia yang Allah cinta..

Guru mulia guru berkarya
Guru teladan selalu terdepan
Guru kreatif selalu berinovasi
Guru inspiratif berjiwa kompetitif
Menang itu harus
Teladan itu mesti
Moga Allah mudahkan. Amin

(Ali Usman)

Demikian bapk ibu guru dahsyat yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan. Dan terimakasih atas perhatian dan responnya. Teristimewa kepada pak Ris dan Bu Mira yg telah memberikan kesempatan utk berbagi keberkahan untuk menjemput ridho Allah.

Jazakumullah khair.. subhanakallahummah wabihamdika asyhadualla ilahailla anta astaghfirullah waatubuilaik.
(Sumber : GGDN)

Salam...


| www.ArdaDinata.com: | Share, Reference & Education |
| Peneliti, penulis, dan motivator penulisan di media massa |
BBM: C00447A8B
Telegram: ardadinata

Mau mencari dan beli buku, tinggal kunjungi saja
toko buku online BELBUK.COM di bawah ini:
 
Toko Buku Online Belbuk.com

SHARE, REFERENCE & EDUCATION | Anda butuh literatur & bahan pustaka berupa: ebook, modul, laporan, jurnal, makalah, skripsi, tesis, dll. Segera hubungi kami di WA. 081284826829 | www.ArdaDinata.com
CARA UNTUK BISA SEGERA HAMIL, Anda harus dibantu oleh SESEORANG YANG AHLI untuk masalah ini. Tanpa bantuan seorang ahli, sulit bagi Anda untuk bisa berhasil dalam program hamil, karena masalah susah hamil ini adalah masalah yang kompleks dan rumit. LALU BAGAIMANA CARANYA SUPAYA BISA HAMIL SECEPATNYA? Baca selengkapnya di sini: https://goo.gl/RdU2nD
 CARA TERBAIK MERAWAT BAYI BARU LAHIR!Lebih 290 halaman yang akan membantu Moms dan Dads mengatasi berbagai problematika ibu dan bayi serta menjadikan pengasuhan bayi 1 tahun pertama lebih menyenangkan dan bebas stress. Baca selengkapnya di sini: https://goo.gl/dMMxED
GUNAKAN CREAM PUTIH WAJAH yang formulanya paling lengkap, nyaman digunakan, terdaftar resmi di BPOM serta sudah terbukti ampuh dan berkhasiat. Melalui sejumlah riset yang fokus pada upaya peremajaan dan pencerahan kulit wajah dengan standar keamanan yang tinggi, akhirnya ditemukan sebuah produk pemutih wajah inovatif dengan kemampuan triple action; melindungi, mempercantik dan mencerahkan kulit wajah Anda. Baca selengkapnya di sini: https://goo.gl/rmLLkB

BACA ARTIKEL LAINNYA:
Lebih baru Lebih lama